BAB I
PENDAHULUAN
A.
DESKRIPSI
Modul
OPKR-10-005B tentang “Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan
komponen-komponennya” ini membahas beberapa hal penting yang perlu diketahui
agar dapat memelihara, melepas/membongkar, merakit/memasang kompresor udara dan
komponen-komponennya secara benar dan aman.
Modul
ini terdiri atas dua cakupan materi yang akan dipelajari meliputi: Kegiatan
belajar ke-1 membahas tentang jenis-jenis, cara
kerja dan instalasi kompresor udara. Kegiatan belajar ke-2 membahas tentang pemeliharaan
dan perbaikan kompresor udara.
Setelah
mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat memahami konstruksi dan cara kerja kompresor, pemeliharaan/ servis dan
perbaikan kompresor udara beserta komponen-komponennya.
B.
PRASYARAT
Sebelum memulai modul ini, peserta
diklat pada Bidang
Keahlian Mekanik
Otomotif harus sudah menyelesaikan
modul-modul prasyarat seperti terlihat dalam diagram pencapaian kompetensi
maupun peta kedudukan modul. Prasyarat mempelajari modul OPKR-10-005B adalah
OPKR-10-016B, OPKR-10-017B, OPKR-10-010B, OPKR-10-009B dan OPKR-10-018B.
C.
PETUNJUK
PENGGUNAAN MODUL
1.
Petunjuk
Bagi Siswa
Untuk
memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan modul ini maka
langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain :
a.
Bacalah
dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masing-masing
kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, siswa dapat bertanya pada guru
atau instruktur pengampu kegiatan belajar.
b.
Kerjakan
setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman
yang telah dimiliki terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan
belajar.
c.
Untuk
kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktik, perhatikanlah hal-hal
berikut ini :
1).
Perhatikan
petunjuk keselamatan kerja yang berlaku.
2).
Pahami
setiap langkah kerja dengan baik.
3).
Sebelum
melaksanakan praktikum, identifikasi (tentukan) peralatan dan bahan yang
diperlukan dengan cermat.
4).
Gunakan
alat sesuai prosedur pemakaian yang benar.
5).
Untuk
melakukan kegiatan praktikum yang belum jelas, harus meminta ijin guru atau
instruktur terlebih dahulu.
6).
Setelah
selesai, kembalikan peralatan ke tempat semula
d.
Jika
belum menguasai level materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar
sebelumnya atau bertanyalah kepada guru yang mengajar kegiatan belajar tersebut.
2.
Petunjuk
Bagi Guru
Dalam setiap kegiatan
belajar guru atau instruktur berperan untuk:
a.
Membantu
siswa dalam merencanakan proses belajar
b.
Membimbing
siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
c.
Membantu
siswa dalam memahami konsep, praktik baru, dan menjawab pertanyaan siswa
mengenai proses belajar siswa
d.
Membantu
siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk
belajar.
e.
Mengorganisasikan
kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f.
Merencanakan
seorang ahli dari tempat kerja (DU/ DI) untuk membantu jika diperlukan
D.
TUJUAN
AKHIR
Setelah mempelajari
secara keseluruhan materi kegiatan belajar dalam modul ini siswa diharapkan :
1.
Memahami
jenis-jenis, prinsip kerja, dan konstruksi kompresor udara dengan baik.
2.
Melakukan
instalasi/ pemasangan kompresor udara dengan prosedur yang tepat.
3.
Melakukan
pemeliharaan dan perbaikan kompresor udara dengan prosedur yang tepat.
E.
KOMPETENSI
Modul OPKR-10-005B membentuk
kompetensi pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan
komponen-komponennya. Uraian kompetensi dan subkompetensi ini dijabarkan
seperti di bawah ini.
KOMPETENSI : Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan
komponen-komponennya
KODE : OPKR-10-005B
DURASI PEMELAJARAN : 20
Jam @ 45 menit
Sub Kompetensi
|
Kriteria Unjuk
Kerja
|
Lingkup Belajar
|
Materi Pokok
Pembelajaran
|
||
Sikap
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
|||
1. Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen-
komponennya
|
§ Pemeliharaan/
servis dan perbaikan kompresor udara dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan
terhadap komponen/ sistem lainnya
§ Informasi yang
benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami
§ Pemeliharaan/
servis dan perbaikan kompresor udara dilaksanakan dengan menggunakan metode dan
perlengkapan yang ditentukan berdasarkan spesifikasi yang sesuai terhadap
komponen
§ Pekerjaan
pemeliharaan/ servis dilaksanakan dengan pedoman dari industri yang telah
ditetapkan
§ Data yang tepat
dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis dan perbaikan
§ Seluruh kegiatan
pelepasan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP (standard operation Procedures), undang-undang K-3 (Keselamatan
dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur kebijakan
perusahaan.
|
§
Prinsip
- prinsip kerja kompresor udara
§
Konstruksi
dan kerja kompresor udara yang sesuai dengan penggunaannya
§
Prosedur
pemeliharaan/ servis, perbaikan dan pengujian
|
§
Bekerja
hati-hati terhadap arus listrik dan tekanan udara.
§
Air
dalam kompresor dapat menimbulkan korosi dalam tangki
§
Dilarang
bermain dengan udara yang bertekanan
|
§
Memahami
prinsip kerja kompresor udara
§
Memahami
konstruksi dan cara kerja kompresor udara
§
Mengetahui
cara pemeliharaan/ servis, perbaikan dan pengujian kompresor udara
|
§
Melaksanakan
pemeliharaan secara berkala pada kompresor
§
Melaksanakan
perbaikan pada kompresor
|
F.
CEK
KEMAMPUAN
Sebelum mempelajari modul OPKR-10-005B, isilah dengan cek list (Ö) kemampuan yang telah dimiliki siswa dengan sikap
jujur dan dapat dipertanggung jawabkan :
Sub Kompetensi
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
Bila jawaban ‘Ya’, kerjakan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1. Memelihara/ servis kompresor udara
dan komponen-komponennya
|
Saya mampu memelihara/ servis
kompresor udara dan komponen-komponennya dengan baik
|
Soal
Tes Formatif 1.
|
||
2.
Memperbaiki
kompresor udara dan komponen-komponennya
|
Saya mampu melepas/ membongkar,
mengganti, memperbaki & merakit/ memasang kompresor udara &
komponen-komponennya dengan baik
|
Soal
Tes Formatif 2.
|
Apabila siswa menjawab Tidak, pelajari modul ini
BAB II
PEMELAJARAN
A.
RENCANA
BELAJAR SISWA
Rencanakan setiap kegiatan belajar anda dengan mengisi
tabel di bawah ini dan mintalah bukti belajar kepada guru jika telah selesai
mempelajari setiap kegiatan belajar.
Jenis Kegiatan
|
Tanggal
|
Waktu
|
Tempat Belajar
|
Alasan Perubahan
|
Paraf Guru
|
1.
Memelihara/ servis kompresor udara dan
komponen-komponennya
|
|||||
2.
Memperbaiki kompresor udara dan komponen-komponennya
|
B.
KEGIATAN
BELAJAR
1.
Kegiatan
Belajar 1 : Jenis-jenis
dan cara kerja kompresor udara
a.
Tujuan Kegiatan
Belajar 1
1).
Siswa
dapat memahami jenis-jenis konstruksi kompresor udara dengan benar.
2).
Siswa
dapat memahami prinsip kerja/ cara
kerja kompresor udara dengan benar.
3).
Siswa
dapat memahami cara instalasi/
pemasangan kompresor udara dengan benar.
b.
Uraian
Materi 1
1)
Prinsip
Pengkompresian Fluida Gas/ Udara
Kompresor
adalah pesawat/ mesin yang berfungsi untuk memampatkan atau menaikkan tekanan udara
atau fluida gas atau memindahkan fluida gas dari suatu tekanan statis rendah ke
suatu keadaan tekanan statis yang lebih tinggi. Udara atau fluida gas yang
diisap kompresor biasanya adalah udara/ fluida gas dari atmosfir walaupun banyak
pula yang menghisap udara/ fluida gas spesifik dan bertekanan lebih tinggi dari
atmosfir (kompresor berfungsi sebagai penguat atau booster). Kompresor ada pula yang mengisap udara/ fluida gas yang
bertekanan lebih rendah daripada tekanan atmosfir yang biasa disebut pompa
vakum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar