Kamis, 11 April 2013

PEMELIHARAAN/SERVIS DAN PERBAIKAN KOMPRESOR UDARA DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA



BAB I

PENDAHULUAN



A.    DESKRIPSI
Modul OPKR-10-005B tentang “Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen-komponennya” ini membahas beberapa hal penting yang perlu diketahui agar dapat memelihara, melepas/membongkar, merakit/memasang kompresor udara dan komponen-komponennya secara benar dan aman.
Modul ini terdiri atas dua cakupan materi yang akan dipelajari meliputi: Kegiatan belajar ke-1 membahas tentang jenis-jenis, cara kerja dan instalasi kompresor udara. Kegiatan belajar ke-2 membahas tentang pemeliharaan dan perbaikan kompresor udara.
Setelah mempelajari modul ini siswa diharapkan dapat memahami konstruksi dan cara kerja kompresor, pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara beserta komponen-komponennya.

B.    PRASYARAT
Sebelum memulai modul ini, peserta diklat pada Bidang Keahlian Mekanik Otomotif harus sudah menyelesaikan modul-modul prasyarat seperti terlihat dalam diagram pencapaian kompetensi maupun peta kedudukan modul. Prasyarat mempelajari modul OPKR-10-005B adalah OPKR-10-016B, OPKR-10-017B, OPKR-10-010B, OPKR-10-009B dan OPKR-10-018B.

C.    PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1.     Petunjuk Bagi Siswa
Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal, dalam menggunakan modul ini maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain :
a.     Bacalah dan pahami dengan seksama uraian-uraian materi yang ada pada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada materi yang kurang jelas, siswa dapat bertanya pada guru atau instruktur pengampu kegiatan belajar.
b.     Kerjakan setiap tugas formatif (soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
c.      Untuk kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktik, perhatikanlah hal-hal berikut ini :
1).   Perhatikan petunjuk keselamatan kerja yang berlaku.
2).   Pahami setiap langkah kerja dengan baik.
3).   Sebelum melaksanakan praktikum, identifikasi (tentukan) peralatan dan bahan yang diperlukan dengan cermat.
4).   Gunakan alat sesuai prosedur pemakaian yang benar.
5).   Untuk melakukan kegiatan praktikum yang belum jelas, harus meminta ijin guru atau instruktur terlebih dahulu.
6).   Setelah selesai, kembalikan peralatan ke tempat semula
d.     Jika belum menguasai level materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar sebelumnya atau bertanyalah kepada guru yang mengajar kegiatan belajar tersebut.

2.     Petunjuk Bagi Guru
Dalam setiap kegiatan belajar guru atau instruktur berperan untuk:
a.     Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar
b.     Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
c.      Membantu siswa dalam memahami konsep, praktik baru, dan menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa
d.     Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar.
e.     Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f.      Merencanakan seorang ahli dari tempat kerja (DU/ DI) untuk membantu jika diperlukan

D.    TUJUAN AKHIR
Setelah mempelajari secara keseluruhan materi kegiatan belajar dalam modul ini siswa diharapkan :
1.     Memahami jenis-jenis, prinsip kerja, dan konstruksi kompresor udara dengan baik.
2.     Melakukan instalasi/ pemasangan kompresor udara dengan prosedur yang tepat.
3.     Melakukan pemeliharaan dan perbaikan kompresor udara dengan prosedur yang tepat.



E.    KOMPETENSI

Modul OPKR-10-005B membentuk kompetensi pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen-komponennya. Uraian kompetensi dan subkompetensi ini dijabarkan seperti di bawah ini.

KOMPETENSI                                           :        Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen-komponennya
KODE                                                                         :        OPKR-10-005B
DURASI PEMELAJARAN         :        20 Jam @ 45 menit
Sub Kompetensi
Kriteria Unjuk Kerja
Lingkup Belajar
Materi Pokok Pembelajaran
Sikap
Pengetahuan
Keterampilan
1.   Text Box: 4Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dan komponen- komponennya

§  Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/ sistem lainnya
§  Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami
§  Pemeliharaan/ servis dan perbaikan kompresor udara dilaksanakan dengan menggunakan metode dan perlengkapan yang ditentukan berdasarkan spesifikasi yang sesuai terhadap komponen
§  Pekerjaan pemeliharaan/ servis dilaksanakan dengan pedoman dari industri yang telah ditetapkan
§  Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pemeliharaan/ servis dan perbaikan
§  Seluruh kegiatan pelepasan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP (standard operation Procedures), undang-undang K-3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundang-undangan dan prosedur kebijakan perusahaan.

§  Prinsip - prinsip kerja kompresor udara
§  Konstruksi dan kerja kompresor udara yang sesuai dengan penggunaannya
§  Prosedur pemeliharaan/ servis, perbaikan dan pengujian
§  Bekerja hati-hati terhadap arus listrik dan tekanan udara.
§  Air dalam kompresor dapat menimbulkan korosi dalam tangki
§  Dilarang bermain dengan udara yang bertekanan

§  Memahami prinsip kerja kompresor udara
§  Memahami konstruksi dan cara kerja kompresor udara
§  Mengetahui cara pemeliharaan/ servis, perbaikan dan pengujian kompresor udara
§  Melaksanakan pemeliharaan secara berkala pada kompresor
§  Melaksanakan perbaikan pada kompresor


F.     CEK KEMAMPUAN

Sebelum mempelajari modul OPKR-10-005B, isilah dengan cek list (Ö) kemampuan yang telah dimiliki siswa dengan sikap jujur dan dapat dipertanggung jawabkan :

Sub Kompetensi
Pernyataan
 Jawaban
Bila jawaban ‘Ya’, kerjakan  
Ya
Tidak
1.  Memelihara/ servis kompresor udara dan komponen-komponennya
Saya mampu memelihara/ servis kompresor udara dan komponen-komponennya dengan baik


Soal Tes Formatif 1.
2.  Text Box: 5Memperbaiki kompresor udara dan komponen-komponennya
Saya mampu melepas/ membongkar, mengganti, memperbaki & merakit/ memasang kompresor udara & komponen-komponennya dengan baik


Soal Tes Formatif 2.




Apabila siswa menjawab Tidak,  pelajari modul ini



BAB II
PEMELAJARAN

A.    RENCANA BELAJAR SISWA
Rencanakan setiap kegiatan belajar anda dengan mengisi tabel di bawah ini dan mintalah bukti belajar kepada guru jika telah selesai mempelajari setiap kegiatan belajar.
Jenis Kegiatan
Tanggal
Waktu
Tempat Belajar
Alasan Perubahan
Paraf Guru
1.   Memelihara/ servis kompresor udara dan komponen-komponennya





2.   Memperbaiki kompresor udara dan komponen-komponennya






B.   KEGIATAN BELAJAR
1.     Kegiatan Belajar 1 :    Jenis-jenis dan cara kerja kompresor                                                                                            udara

a.     Tujuan Kegiatan Belajar 1
1).   Siswa dapat memahami jenis-jenis konstruksi kompresor udara dengan benar.
2).   Siswa dapat memahami prinsip kerja/ cara kerja kompresor udara dengan benar.
3).   Siswa dapat memahami cara instalasi/ pemasangan kompresor udara dengan benar.

b.     Uraian Materi 1
1)     Prinsip Pengkompresian Fluida Gas/ Udara
Kompresor adalah pesawat/ mesin yang berfungsi untuk memampatkan atau menaikkan tekanan udara atau fluida gas atau memindahkan fluida gas dari suatu tekanan statis rendah ke suatu keadaan tekanan statis yang lebih tinggi. Udara atau fluida gas yang diisap kompresor biasanya adalah udara/ fluida gas dari atmosfir walaupun banyak pula yang menghisap udara/ fluida gas spesifik dan bertekanan lebih tinggi dari atmosfir (kompresor berfungsi sebagai penguat atau booster). Kompresor ada pula yang mengisap udara/ fluida gas yang bertekanan lebih rendah daripada tekanan atmosfir yang biasa disebut pompa vakum.
Pemampatan fluida gas dapat dijelaskan dengan hukum Pascal yaitu tekanan yang dikenakan pada satu bagian fluida dalam wadah tertutup akan diteruskan ke segala arah sama besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar