Uraian
Kendaraan terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut:
1.
Mesin
2.
Pemindah Daya
(Drive train)
3.
Chassis
•Rem
•Suspensi
•Kemudi
4.
Kelistrikan bodi
5.
Bodi
Uraian
Mesin adalah part yang menghasilkan tenaga bagi kendaraan.Bila mesin rusak, maka kendaraan akan berhenti beroperasi.Oleh karena itu, perawatan mesin perlu dilakukan.Berikut adalah item-item perawatan yang berhubungan dengan mesin.
• Oli mesin
• Saringan oli mesin
• Sistem pendingin & pemanas
• Tutup radiator
• Cairan pendingin mesin
• Drive belt
• Elemen pembersih udara
• Celah katup
• Timing belt/Timing chain
• Busi
• Baterai
• Tutup tangki bahan bakar
• Saringan bahan bakar
• Katup PCV
• Charcoal canister
• Idle mixture
Oli Mesin
Pentingnya penggantian oli mesin
Oli mesin memburuk karena digunakan, atau bahkan bila tidak digunakan.Oli mesin menjadi kotor karena ia berfungsi membuang kotoran dan jelaga didalam mesin, dan berubah menjadi hitam.
Oli mesin memburuk karena digunakan, atau bahkan bila tidak digunakan.Oli mesin menjadi kotor karena ia berfungsi membuang kotoran dan jelaga didalam mesin, dan berubah menjadi hitam.
Bila oli mesin tidak diganti
• Mesin menjadi rusak, dan menjadi sulit start.
• Menambah oli mesin secara terus-menerus tanpa menggantinya akan mengarah pada menurunnya performa oli seperti ditunjukkan pada grafik di sebelah kiri.
Manfaat oli mesin?
Oli mesin memiliki peran sebagai berikut.
1.
Fungsi pelumasan
2.
Fungsi pembersihan
3.
Fungsi penyekatan
4.
Fungsi pencegah karat
5.
Fungsi pendingin
Alasan mengapa jumlah oli mesin menurun
Oli mesin menurun sedikit demi sedikit meskipun di bawah kondisi normal, karena sejumlah kecil oli terbakar dengan bahan bakar setelah pelumasan. (konsumsi oli)
Oli mesin menurun sedikit demi sedikit meskipun di bawah kondisi normal, karena sejumlah kecil oli terbakar dengan bahan bakar setelah pelumasan. (konsumsi oli)
Interval penggantian
• Ganti oli sesuai dengan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu karena sangatlah sulit untuk menilai memburuknya oli mesin hanya dengan melihatnya saja.
Penggantian (pada corolla untuk negara-negara umum):
Mesin bensin:
setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 1 tahun
Mesin diesel:
setiap 5,000km (3,000 mil) atau 6 bulan
• Lihat jadual perawatan karena interval penggantian berbeda-beda tergantung pada model dan kondisi penggunaan kendaraan.
Tipe-tipe oli mesin
Oli mesin diklasifikasikan berdasarkan nilai API sesuai dengan performa kualitas dan berdasarkan nilai SAE sesuai dengan viskositas. Lihat buku Pedoman Pemilik dimana oli digunakan.
Oli mesin diklasifikasikan berdasarkan nilai API sesuai dengan performa kualitas dan berdasarkan nilai SAE sesuai dengan viskositas. Lihat buku Pedoman Pemilik dimana oli digunakan.
Saringan Oli Mesin
Apa itu saringan oli mesin?
Ini adalah part yang membuang karbon, jelaga dan partikel-partikel logam di dalam oli mesin.
Bila saringan oli mesin tidak diganti
Bila saringan tersumbat, maka oli tidak dapat mengalir melalui saringan. Kemudian relief valve membuka dan mengirimkan oli yang kotor ke dalam mesin.
Ini adalah part yang membuang karbon, jelaga dan partikel-partikel logam di dalam oli mesin.
Bila saringan oli mesin tidak diganti
Bila saringan tersumbat, maka oli tidak dapat mengalir melalui saringan. Kemudian relief valve membuka dan mengirimkan oli yang kotor ke dalam mesin.
Interval penggantian
• Ganti saringan oli mesin berdasarkan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu karena sangatlah sulit untuk menilai tingkat memburuknya oli mesin hanya dengan melihatnya saja.
Penggantian (pada Corolla untuk negara-negara umum):
setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 1 tahun
• Lihat jadual perawatan karena interval penggantian berbeda-beda tergantung pada model dan kondisi penggunaan kendaraan.
Sistem Pendingin & Pemanas
Apa itu sistem pendingin?
Sistem ini menjaga agar temperatur mesin tetap konstan. Dan juga, cairan pendingin yang hangat menghangatkan udara untuk menyesuaikan dengan temperatur ruang penumpang.
Bila cairan pendingin bocor
Hal tersebut dapat menyebabkan mesin menjadi terlampau panas (overheating) dan juga merusak mesin itu sendiri.
Sistem ini menjaga agar temperatur mesin tetap konstan. Dan juga, cairan pendingin yang hangat menghangatkan udara untuk menyesuaikan dengan temperatur ruang penumpang.
Bila cairan pendingin bocor
Hal tersebut dapat menyebabkan mesin menjadi terlampau panas (overheating) dan juga merusak mesin itu sendiri.
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
Tutup Radiator
Apa itu tutup radiator?
• Memungkinkan cairan pendingin untuk tetap berada pada tekanan konstan guna menjaga agar titik didih cairan pendingin berada di atas 100ºC. Dan juga meningkatkan performa pendinginan dengan cara membuat perbedaan temperatur antara cairan pendingin dan udara menjadi lebih besar.
•
Pressure valve membuka pada tekanan tinggi untuk mengirimkan cairan pendingin ke tangki reservoir. Di lain pihak, vacuum valve membuka pada tekanan menurun guna menarik kembali cairan pendingin ke dalam dari tangki reservoir.
Pentingnya pemeriksaan tutup radiator
Bila tidak berfungsi dengan benar akan menyebabkan mesin menjadi terlampau panas (overheating).
Bila tidak berfungsi dengan benar akan menyebabkan mesin menjadi terlampau panas (overheating).
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
Cairan Pendingin Mesin
Apa itu cairan pendingin mesin?
Memiliki peran sebagai berikut.
• Mencegah agar cairan pendingin tidak membeku.
• Mencegah agar part-part sistem pendinginan tidak mengalami perkaratan.
• Mencegah overheating. (Titik didih lebih tinggi daripada air.)
Bila cairan pendingin tidak diganti
Karatnya menghambat fungsinya, dan radiator, pipa-pipa, slang-slang, dll. Menjadi rusak.
Karatnya menghambat fungsinya, dan radiator, pipa-pipa, slang-slang, dll. Menjadi rusak.
Interval penggantian
• Ganti cairan pendingin berdasarkan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu karena sangatlah sulit untuk menilai tingkat memburuknya cairan pendingin mesin hanya dengan melihatnya saja.
Penggantian (pada Corolla untuk negara-negara umum):
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
• Lihat jadual perawatan karena ia berbeda-beda tergantung pada model.
Tipe-tipe cairan pendingin
Dua tipe LLC (Long Life Coolant): merah dan hijau. Keduanya hampir mengandung bahan-bahan yang sama.
Kepekatan
Gunakan cairan pendingin yang dicampur dengan air karena ia dapat dengan mudah membeku bila tidak digunakan dengan tingkat kepekatan yang benar. Gunakan tingkat kepekatan LLC yang benar untuk setiap wilayah. Lihat buku Pedoman Pemilik untuk tingkat kepekatan LLC yang benar.
Dua tipe LLC (Long Life Coolant): merah dan hijau. Keduanya hampir mengandung bahan-bahan yang sama.
Kepekatan
Gunakan cairan pendingin yang dicampur dengan air karena ia dapat dengan mudah membeku bila tidak digunakan dengan tingkat kepekatan yang benar. Gunakan tingkat kepekatan LLC yang benar untuk setiap wilayah. Lihat buku Pedoman Pemilik untuk tingkat kepekatan LLC yang benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar