Tutup Tangki Bahan Bakar
Apa itu tutup tangki bahan bakar?
• Adalah tutup untuk tangki bahan bakar.
• Adalah tutup untuk tangki bahan bakar.
Pentingnya pemeriksaan tutup tangki bahan bakar
• Bila gasket rusak, gas akan menguap ke udara.
• Bila vacuum valve rusak, udara tidak dapat dihisap masuk ke dalam tangki untuk mengganti bahan bakar yang telah digunakan. Kemudian kevakuman sebagian akan muncul di tangki dan menyebabkan lekukan.
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan (pada Corolla untuk negara-negara umum):
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
REFERENSI:
Gas yang menguap
Di dalam tangki bahan bakar, sejumlah bahan bakar berubah menjadi uap yang mengandung zat HCs (Hydrocarbons) yang beracun dalam jumlah besar.
Gas yang menguap
Di dalam tangki bahan bakar, sejumlah bahan bakar berubah menjadi uap yang mengandung zat HCs (Hydrocarbons) yang beracun dalam jumlah besar.
Saringan Bahan Bakar
Apa itu saringan bahan bakar?
Saringan bahan bakar membuang sedikit kotoran yang terkandung di dalam bahan bakar melalui saringan.
Bila saringan bahan bakar tidak diganti?
Saat saringan tersumbat, maka volume bahan bakar menurun. Kemudian muncullah masalah, seperti hilangnya output tenaga pada kecepatan tinggi saat dimana volume bahan bakar yang besar dibutuhkan.
Saringan bahan bakar membuang sedikit kotoran yang terkandung di dalam bahan bakar melalui saringan.
Bila saringan bahan bakar tidak diganti?
Saat saringan tersumbat, maka volume bahan bakar menurun. Kemudian muncullah masalah, seperti hilangnya output tenaga pada kecepatan tinggi saat dimana volume bahan bakar yang besar dibutuhkan.
Interval penggantian
Memburuknya saringan bahan bakar tidak dapat ditentukan hanya dengan melihatnya saja.
Penggantian (pada Corolla untuk negara-negara umum):
Mesin bensin:
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 80,000km (48,000
mil)
Mesin diesel:
setiap 20,000km (12,000
mil) atau 2-tahun
• Lihat jadual perawatan karena jadual tersebut berbeda-beda tergantung pada model
*
Interval harus 1/2 kali bila bahan bakar yang kotor digunakan.
REFERENSI:
Blow-by gas
Ia mengandung sejumlah besar gas yang tidak terbakar (HC), yang meniup dari celah diantara ring piston dan dinding silinder ke crankcase.
Katup PCV (Ventilasi Crankcase Positip)
Apa itu katup PCV?
Ini adalah salah satu alat kontrol untuk mengontrol emisi, dan membakar kembali blow-by gas.
Pentingnya pemeriksaan katup PCV
Bila katup PCV tersumbat, maka blow-by gas tidak akan terbawa ke dalam intake manifold, dan dibebaskan ke udara.
Ia juga bercampur dengan oli mesin dan membuat oli memburuk.
Ini adalah salah satu alat kontrol untuk mengontrol emisi, dan membakar kembali blow-by gas.
Pentingnya pemeriksaan katup PCV
Bila katup PCV tersumbat, maka blow-by gas tidak akan terbawa ke dalam intake manifold, dan dibebaskan ke udara.
Ia juga bercampur dengan oli mesin dan membuat oli memburuk.
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 20,000km (12,000mil)
atau 1 tahun
REFERENSI:
Blow-by gas
Ia mengandung sejumlah besar gas yang tidak terbakar (HC), yang meniup dari celah diantara ring piston dan dinding silinder ke crankcase.
Charcoal Canister
Apa itu charcoal canister?
Alat ini mencegah agar gas yang menguap dari tangki bahan bakar tidak ke luar ke udara.
Pentingnya pemeriksaan charcoal canister
Saat check valve menempel, maka ia akan berhenti bekerja dengan benar. Kemudian gas yang menguap dibebaskan ke udara.
Alat ini mencegah agar gas yang menguap dari tangki bahan bakar tidak ke luar ke udara.
Pentingnya pemeriksaan charcoal canister
Saat check valve menempel, maka ia akan berhenti bekerja dengan benar. Kemudian gas yang menguap dibebaskan ke udara.
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
Idle Mixture
Apa itu idle mixture?
Percampuran udara-bahan bakar disetel selama idling agar mesin tetap beroperasi dengan stabil.
Percampuran udara-bahan bakar disetel selama idling agar mesin tetap beroperasi dengan stabil.
Bila idle mixture salah
• Stabilitas pengoperasian mesin akan menurun.
• Pembuangan CO / HC akan meningkat.
Interval Pemeriksaan/Penyetelan
Pemeriksaan/penyetelan:
setiap 20,000km (12,000
mil) atau 2 tahun
Pedal Rem
Pentingnya penyetelan pedal rem
• Langkah pedal rem yang benar dibutuhkan untuk mendapatkan daya pengereman yang tepat.
• Setel rem-rem sehingga tidak “Menarik (Dragging)” atau “Menahan (Holding on)” saat pedal tidak ditekan.
Item-item pemeriksaan
1.
Kondisi pedal
2.
Tinggi pedal
3.
Gerak bebas pedal
4.
Jarak cadangan pedal
• Fungsi booster rem
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 6 bulan
Tuas Rem Parkir
Pentingnya penyetelan tuas rem parkir
1.
Bila jarak tuas rem parkir terlalu besar.
Rem parkir berkurang efeknya.
2.
Bila jarak tuas rem parkir terlalu kecil.
Ada kemungkinan rem parkir menarik. (Rem parkir akan tetap dalam kondisi bertautan sebagian)
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan: setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 6 bulan
Rem Piringan
Pentingnya penggantian pad-pad rem piringan
Bila pad-pad rem piringan mengalami keausan, rotor piringan dan bagian belakang pad akan bersentuhan secara langsung, sehingga menyebabkan kerusakan pada rotor.
Bila pad-pad rem piringan mengalami keausan, rotor piringan dan bagian belakang pad akan bersentuhan secara langsung, sehingga menyebabkan kerusakan pada rotor.
Interval pemeriksaan
•Dapat dinilai dengan melihatnya.
Pemeriksaan: setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 6 bulan
•Bila ketebalan pad-pad piringan yang tersisa berada di bawah 1.0mm, lakukan penggantian.
Indikator keausan pad
Dipasang di bagian belakang pad piringan. Bila indikator keausan pad menyentuh rotor, maka indikator akan membuat suara berisik untuk memberitahukan kepada pengemudi bahwa keausan pad piringan telah mencapai batasnya.
Dipasang di bagian belakang pad piringan. Bila indikator keausan pad menyentuh rotor, maka indikator akan membuat suara berisik untuk memberitahukan kepada pengemudi bahwa keausan pad piringan telah mencapai batasnya.
Rem Tromol
Pentingnya pengantian pelapis sepatu rem
•Bila pelapis sepatu rem mengalami keausan, maka performa pengereman akan menurun karena celah antara sepatu rem dan tromol menjadi lebih besar.
•Saat sepatu rem menyentuh tromol secara langsung, maka ia akan merusak tromol.
Pentingnya memberikan gemuk pada bagian yang bergeser
Bila bagian yang bergeser mengalami perkaratan, maka sepatu rem tidak dapat bekerja dengan lembut.
Bila bagian yang bergeser mengalami perkaratan, maka sepatu rem tidak dapat bekerja dengan lembut.
Interval Pemeriksaan/Penggantian
•Periksa/ganti sesuai dengan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu.
•Juga dapat dinilai dengan melihatnya.
Pemeriksaan: setiap 20,000km (12,000
mil) atau 1 tahun
•Bila ketebalan pelapis sepatu rem yang tersisa berada di bawah 1.0mm, lakukan penggantian.
Fluida Rem
Pentingnya penggantian fluida rem
•Fluida rem memiliki sifat hydroscopic. Artinya, fluida rem menyerap kelembaban dari udara, oleh karena itu titik didihnya menurun. Saat panas dibangkitkan selama pengereman, fluida yang mendidih menciptakan gelembung-gelembung udara (“Vapor locking”). Saat gelembung-gelembung udara tercipta, maka gelembung-gelembung tersebut akan menyerap gaya pengereman hidrolik yang diberikan pada silinder-silinder roda, sehingga mengurangi daya pengereman secara keseluruhan.
•Kelembaban juga menciptakan karat di silinder-silinder roda, yang dapat menyebabkan perapat mengalami kebocoran fluida rem.
Alasan turunnya permukaan fluida
1. Keausan pada pad-pad rem dan pelapis sepatu rem.
2. Fluida bocor dari sistem hidrolik rem.
Interval Pemeriksaan/Penggantian
Pemeriksaan: setiap 10,000km (6,000 mil)
atau 6 bulan
Penggantian: setiap 40,000km (24,000
mil) atau 2 tahun
Slang & Pipa Rem
Pentingnya pemeriksaan pelapis sepatu rem
Slang-slang rem memburuk dan mengalami kerusakan seperti retak dan menonjol.
Slang-slang rem memburuk dan mengalami kerusakan seperti retak dan menonjol.
Bila pelapis sepatu rem tidak diperiksa
Fluida rem akan bocor, dan rem tidak berfungsi.
Fluida rem akan bocor, dan rem tidak berfungsi.
Interval Pemeriksaan/Penggantian
Slang-slang rem harus diperiksa secara berkala. Bila ditemukan adanya masalah, ganti slang segera.
Pemeriksaan: setiap 20,000km (12,000 mil) atau 1 tahun
Slang-slang rem harus diperiksa secara berkala. Bila ditemukan adanya masalah, ganti slang segera.
Pemeriksaan: setiap 20,000km (12,000 mil) atau 1 tahun
Tidak ada komentar:
Posting Komentar