Kamis, 16 Mei 2013

MANFAAT SEVICE BERKALA BAG 4


Pemidah tenaga dan chasis
Pemindah daya (drive train) merubah gerakan mesin menjadi pengendaraan.

Chassis
terdiri dari part-part yang tidak berhubungan dengan interior, eksterior, atau jalannya kendaraan, tapi berhubungan dengan kenyamanan dan penanganan pengendaraan seperti suspensi, kemudi, dan sistem rem.

Bila part-part pemindah daya (drive train) atau chassis rusak, maka kendaraan tidak dapat dikendarai dengan nyaman.
Oleh karena itu perawatan bagi pemindah daya (drive train) dan chassis diperlukan.

Berikut adalah item-item perawatan pemindah daya (drive train) dan chassis.
•Pedal kopling 
Roda kemudi & persambungan 
Fluida power steering 
•Ball joint 
Fluida transmisi otomatik 
Oli transmisi manual/Oli diferensial 
Bantalan roda 
•Ban 
Penggantian gemuk  
 
Pedal Kopling
Pentingnya penyetelan pedal kopling 
Langkah yang tepat diperlukan agar kopling dapat bekerja dengan normal.
•Unit kopling gagal bekerja dengan normal.
(
Kopling tidak dapat dilepaskan.)  
 

 

Roda Kemudi & Persambungan
Ketidaknormalan pada sistem kemudi
Periksa item-item berikut: gerak bebas roda kemudi, kebocoran oli dari gear box, persambungan kemudi yang bengkok, pecah, retak atau kendor. Bila ditemukan adanya masalah, maka harus dikencangkan atau diganti.
Bila ada masalah pada persambungan kemudi
Bila persambungan kemudi bengkok atau muncul ketidaknormalan, maka kendaraan tidak dapat dikemudikan secara lurus atau jalur membelok menjadi lebih besar atau lebih kecil daripada normal.
Interval pemeriksaan
Pemeriksaan:
setiap 20,000km (12,000 mil) atau 1 tahun


 

Fluida Power Steering
Fluida power steering  
Gunakan ATF DEXRON®II atau III
Interval pemeriksaan
Periksa berdasarkan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu.
Pemeriksaan: setiap 10,000km (6,000 mil) atau 6 bulan 
REFERENSI: 
Memutih, berbuih dan celah permukaan fluida
Hal-hal tersebut terjadi saat udara bercampur dengan fluida. Hal ini merupakan tanda bahwa ada keretakan atau kerusakan pada pipa-pipa sistem power steering, dan udara telah masuk. 
Mengapa tidak menahan roda kemudi pada posisi berputar penuh adalah suatu hal yang penting?
Fluida power steering selalu bersirkulasi di dalam sistem power steering. Saat memutar roda kemudi, power piston masuk dan kemudian  power cylinder didorong, dan menyuplai tenaga guna membantu memutar roda kemudi. Bila roda kemudi diputar penuh ke salah satu sisi, maka fluida yang bersirkulasi tidak dapat mengalir ke luar. Hal ini menciptakan beban yang besar dan pada akhirnya akan merusak sistem. 


 

Ball Joint
Fungsi ball joint
Menahan beban pada arah vertikal dan arah horisontal.
Bila gerak ball joint terlalu besar
Saat dudukan pada ball joint mengalami keausan, maka gerakan akan meningkat. Hal ini merubah wheel alignment, dll. karena ball joint tidak dapat menopang beban.
Interval pemeriksaan 
Pemeriksaan: setiap 20,000km (12,000 mil) atau 1 tahun  



 
Fluida Transmisi Otomatik
Pentingnya penggantian ATF
Memburuk karena penggunaan.
Bila ATF tidak diganti 
Kejutan menjadi lebih besar saat perpindahan. 
Keekonomisan bahan bakar memburuk. 
Transmisi menimbulkan suara yang tidak normal. 
Kebocoran fluida
Periksa permukaan ATF, yang seharusnya tidak menurun dikarenakan jarak tempuh atau jangka waktu penggunaan. Bila permukaan ATF menurun, hal ini disebabkan oleh kebocoran fluida, dan membutuhkan penggantian perapat oli.
Alasan interval pemeriksaan/penggantian
Pemeriksaan/Penggantian berdasarkan jarak yang telah ditempuh atau jangka waktu karena sangatlah sulit untuk menilai tingkat keburukan hanya  dengan cara melihatnya saja. 
Pemeriksaa (pada Hilux untuk negara-negara umum): setiap 40,000km (24,000 mil) atau 2 tahun
Penggantian (pada Hilux untuk negara-negara umum): setiap 80,000km (48,000 mil) atau 4 tahun
Lihat jadual perawatan karena jadual tersebut berbeda-beda tergantung pada model.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar